» Home » »Mudik Jalan Siang, Perhatikan Ini!

Mudik Jalan Siang, Perhatikan Ini!

Minggu-minggu ini, jalur pantura atau selatan mulai ramai oleh pemudik, baik yang menggunakan mobil maupun sepeda motor. Perjalanan pun dilakukan dalam dua pilihan waktu, siang atau malam. Nah, kalau Anda pilih siang, ada bagian dari kendaraan yang perlu diperiksa. Selain itu, ada yang perlu dipersiapkan untuk teman perjalanan. Apa saja itu?


1. Cek sistem pendingin mesin
Berdasarkan pengalaman, jalur mudik biasanya macet, plus cuaca yang panas tentu sangat menyiksa mesin. Agar perjalanan lancar, pastikan sistem pendingin mesin (radiator, water pump, v-belt, dan selang-selangnya) bekerja optimal dan dalam kondisi bagus. Jangan lupa bawa cairan pendingin radiator cadangan, sekring, dan selang karet buntu.

2. Cek sistem AC
Pastikan sistem pendingin ruangan bekerja baik. Suhu panas bisa memicu stres dan kelelahan lebih cepat.

3. Perhatikan tekanan angin ban Sangat berbahaya bila tekanan angin pada ban sampai kurang dan mobil membawa beban banyak. Jika ditambah menerima panas dari permukaan jalan, maka hal itu bisa menimbulkan pecah ban. Pastikan tekanan angin sesuai denngan rekomendasi pabrikan. Saat penambahan angin, sebaiknya ban dalam kondisi dingin.

4. Siapkan minuman dan makanan ringan
Jus segar, minuman isotonik, air putih dalam kemasan wajib ada di kabin. Minuman-minuman ini bisa memberi asupan energi pada tubuh dan menggantikan cairan yang keluar bersama keringat.

5. "Sunglasses"
Tak cuma membuat Anda tambah keren (cantik) saat mengemudi. Kacamata ini sangat membantu mengurangi silau akibat sorotan matahari.

6. "Car entertaiment"
Siang hari, peluang Anda dan penumpang untuk beristirahat sangatlah kecil. Hiburan di mobil bisa membantu mereka terlelap atau mengurangi kebosanan. Pengemudi juga terbantu dari serbuan rasa kantuk. Pilihan lagu-lagu atau film-film favorit adalah solusi tepat, termasuk membawa majalah atau game portable.
Judul: Mudik Jalan Siang, Perhatikan Ini!
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS