» Home » »Modifikasi Fuel Pump ala Karimun Club

Modifikasi Fuel Pump ala Karimun Club

Fenomena buruknya kualitas BBM di Indonesia yang disinyali merupakan penyebab rusaknya fuel pump di beberapa kendaraan di Ibukota membuat Karimun Club Indonesia (KCI) punya langkah cerdik. Dimotori oleh dua member KCI, komunitas penggemar dan pengguna Suzuki Karimun ini melakukan eksperimen modifikasi pada sistem pompa bahan bakar dengan mengaplikasikan pomp yang berjenis mechanical fuel pump, atau yang dikenal dengan sistem fuel pump type membran untuk mobil Karimun Classic/Kotak.

Seperti diketahui, Karimun Classic menggunakan mesin type F10A yang sama seperti yang digunakan pada mobil Suzuki Carry 1000, dan Suzuki Katana/Jimny, yang memang masih menggunakan fuel pump type membran. "Jadi kami mengaplikasikan fuel pump membran milik Katana/Jimny dan melakukan modifikasi pada fuel pump/filter kit assembly yang ada di tangki mobil untuk mem-bypass in-tank fuel pump/filter karena bila tidak maka akan menghambat hisapan fuel pump membran yang ada di ruang mesin," tutur Ketua Umum KCI Pujiyono Wahyuhadi, dalam surat elektroniknya yang diterima okezone.

Hasilnya ternyata sangat baik. Fuel pump membran berhasil memberikan suplai BBM yang mencukupi bagi mesin karburator F10A. Ketika dilakukan tes dengan menjalankan mesin hingga 7.000 rpm, sistem dapur pacu tak menemui masalah. Beberapa member malah menggeber mobilnya hingga kecepatan 145 kpj tanpa gejala mesin mbrebet sama sekali. "Dengan mechanical fuel pump ini praktis apapun kualitas BBM tidak akan mempengaruhi kinerjanya dalam melakukan suplai BBM untuk pembakaran," tegas Puji.

Langkah ini ditempuh KCI, katanya, setelah dalam sehari saja ada 7 mobil anggota KCI yang mogok akibat fuel pumpnya jebol. "Jika ditotal mungkin sudah mencapai 50 unit kendaraan Karimun anggota KCI yang mengalaminya. Itupun yang melapor ke pengurus. Diyakini masih banyak lagi mobil-mobil member dan non member yang juga menjadi korban namun tidak melaporkannya pada pengurus KCI," sebut dia.

Sudah begitu banyak usaha dari KCI dalam mengantisipasi masalah ini. Mulai dengan melakukan kegiatan kuras tangki bersama, hingga membentuk emergency team yang dilengkapi dengan emergency kit yang disebut Tangki Jinjing, yaitu jerigen berisi BBM yang dilengkapi fuel pump sehingga bila ada mobil anggota yang mogok maka Tangki Jinjing tersebut dipasang dan mem-bypass sistem fuel pump aslinya sehingga mobil bisa berjalan lagi sampai ke bengkel rekanan KCI terdekat.
Judul: Modifikasi Fuel Pump ala Karimun Club
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS