» Home » »Pemicu Aroma Tak Sedap di Tubuh Anda

Pemicu Aroma Tak Sedap di Tubuh Anda

Pemicu Aroma Tak Sedap di Tubuh Anda. Bau badan dan bau mulut yang tidak sedap memang sangat menggangu dan merusak rasa percaya diri. Terkadang kita pun bingung mengapa bau badan ataupun mulut tiba-tiba muncul. Padahal kita sudah mandi, menyikat gigi dengan bersih dan menggunakan pengharum tubuh.

Ada beberapa hal pemicu bau badan yang mungkin tidak Anda sadari. Untuk itu, ketahui segera penyebabnya dan cara mengatasinya.

1. Tidak mengeringkan tubuh dengan sempurna
Saat Anda telat bangun, pasti segala sesuatunya dilakukan secara buru-buru. Termasuk mandi dan mengeringkan tubuh. Saat mengeringkan tubuh pastikan seluruhnya kering. Terutama di bagian-bagian lipatan seperti ketiak dan area payudara, jangan ketinggalan juga sela-sela jari kaki Anda.

Saran: Menurut ahli kulit, Marina Peredo, MD. seperti VIVAnews kutip dari shine.yahoo.com, bagian lipatan tubuh sulit mendapatkan akses udara sehingga membuat jamur dan bakteri pemicu bau mudah muncul. Untuk itu, pastikan seluruh tubuh Anda benar-benar kering, baru berpakaian. Anda juga bisa menggunakan bedak anti jamur di sela-sela kaki, untuk menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri.

2. Makanan banyak rempah
Makanan penuh rempah, seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay tidak hanya menimbulkan bau mulut tetapi juga bau badan. Dalam proses pencernaan, makanan tersebut akan mengeluarkan gas yang mengandung zat sulfur. Sebagian gas tersebut akan menuju hati dan perut, dan sebagiannya lagi seperti gas allyl methyl sulfide, akan terserap ke
aliran darah dan pori-pori.

Saran: Hal itulah yang menimbulkan munculnya bau badan. Untuk mengatasi bau mulut akibat makanan, Anda bisa mengunyah permen karet beraroma mint. Sedangkan untuk bau badan, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dengan banyak bawang menjelang pertemuan penting.

3. Hanya menyikat gigi
Jangan hanya menyikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut. Bersihkan juga lidah Anda, baik dengan dengan alat pembersih lidah ataupun menyikatnya dengan sikat gigi. Lidah terdiri dari ribuan rambut kecil yang disebut papillae. Ukurannya yang kecil dan padat membuat sisa makanan mudah menyangkut. Sisa makanan itulah yang memicu tumbuhnya bakteri, yang memancarkan gas hydrogen sulfida atau bau mulut.

Saran: Kumur dengan cairan penyegar mulut (mouthwash) bisa membantu membersihkan lidah. Tetapi, bersihkan juga lidah Anda dengan sikat gigi atau alat pembersih lidah.

4. Stres
Stres juga memicu timbulnya bau badan. Saat Anda dalam keadaan tertekan, produksi keringat cenderung meningkat. Bakteri yang memang selalu menempel pada tubuh pun lebih cepat berkembang biak pada saat tubuh lembab berkeringat.

Saran: Untuk mengatasinya, konsumsilah teh yang berasal daun sage (Salvia officinalis). Daun sage mengandung tannin dan antiseptik yang bisa membuat saraf lebih rileks, dan mengurangi stres.

5. Hanya menggunakan deodoran
Jangan menggunakan pengharum tubuh biasa, gunakanlah yang mengandung antiperspirant. Deodorant hanya mengontrol produksi keringat sementara waktu saja. Sedangkan antiperspirant, bisa menghambat produksi keringat lebih lama.

Saran: Saat membeli pengharum tubuh lebih baik pilih yang berlabel antiperspirant atau deodoran dan antiperspirant. • VIVAnews
Judul: Pemicu Aroma Tak Sedap di Tubuh Anda
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS