» Home » »Pahami Anak dari Golongan Darahnya

Pahami Anak dari Golongan Darahnya

Pahami Anak dari Golongan Darahnya. Keunikan adalah salah satu sifat dasar kita. Salah satunya terlihat dari golongan darah. Dr Peter J. D'Adamo, ahli naturopati Amerika Serikat yang mempopulerkan diet golongan darah, mengatakan bahwa golongan darah kita menunjukkan kesamaan kita. Bahkan, dalam bukunya yang berjudul Live Right for Your Type
(Bhuana Ilmu Populer, 2008), D'Adamo mendedikasikan satu bab khusus membahas tentang golongan darah dan kepribadian seseorang.

D'Adamo bukan orang pertama yang mempercayai hal itu. Pada tahun 1970-an, Masahiko Nomi menulis What Blood Types Reveal about Compatibility yang sukses di Jepang hingga sekarang. Ia meneliti 10.000 responden untuk membuktikan pendapatnya bahwa setiap golongan darah memiliki pembawaan tertentu. Ketika meninggal pada tahun 1981, anak laki-lakinya, Toshitaka Nomi, meneruskan penelitiannya. Hasilnya adalah pengetahuan mengenai karakter dasar anak-anak.

Sampai sekarang, teori ini masih menuai banyak kritik. Toge Aprilianto, psikolog, berpendapat, "Pembagian karakter anak berdasarkan golongan darah boleh saja dijadikan pengetahuan untuk membantu orangtua, tetapi sebaiknya jangan dijadikan acuan utama."

Sifat seseorang dipengaruhi oleh banyak hal. Bahkan sejak masih berada dalam kandungan. Kita perlu melihat keunikan anak-anak satu per satu, demikian saran psikolog khusus anak dari Surabaya ini. Seperti apa karakterisasi kepribadian menurut golongan darah?

Golongan darah O
Ciri khas golongan darah O adalah berapi-api. Tak heran, ia sering disebut pencipta gairah. Si golongan darah O juga cenderung melakukan sesuatu tanpa bertanya. Misalnya, Anda memintanya membeli cat tembok. Anak O tidak merasa perlu tahu mengapa orangtuanya perlu cat atau bagian rumah mana yang akan dicat.

Anak O juga memiliki sejuta alasan untuk sejuta keadaan. Itu sebabnya, mereka terkenal pandai menutupi segala sesuatu agar keadaan tetap terkontrol. Namun, kalau sudah tidak tahan, ia akan "kabur", sulit diajak kompromi. Sifatnya yang sangat menonjol adalah murah hati. Mudah menghakimi, namun mudah juga memaafkan. Kadang keras kepala, kadang sangat fleksibel terhadap pendapat orang lain. Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan senang risiko.

Saran pola asuh: Anak O sebaiknya tidak diperintah-perintah. Orangtua cukup memberitahu apa yang diinginkan. Kalau perlu dengan penjelasan, tapi usahakan singkat tanpa berkesan menekan. Sesudahnya, biarkan dia memikirkan sendiri apa yang harus dilakukannya. Ketika sedang mengambek, beri waktu sebanyak-banyaknya agar ia bisa pulih. Ingat, O terbiasa menahan stres hingga batas paling akhir. Sehingga, ketika marah atau sedih, ia sulit untuk melupakannya.

Golongan darah B
Golongan darah ini punya sifat kreatif. Anak B juga cenderung penasaran dan memiliki minat terhadap banyak hal. Hal ini diimbangi dengan kemampuannya melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Suka mencoba-coba ini dan itu, sebelum menentukan apa yang benar-benar disukainya.

Anak B tidak takut terhadap segala macam aturan. Ia easy going, dan sangat menikmati hidup. Meski kadang tindakannya mengejutkan banyak orang, B tetap santai dan tidak terpengaruh oleh pendapat orang lain. Jika merasa ditekan, ia akan "menggigit" balik. Kalau merasa diremehkan, ia akan membuktikan bahwa ia bisa mendapat perhatian.

Saran pola asuh: Terhadap anak B, orangtua sebaiknya memberi penjelasan terlebih dahulu sebelum memintanya melakukan apapun. Biarkan anak mencoba minatnya yang luas, sambil diarahkan sedikit-sedikit ke arah bakat yang sebenarnya. Tak perlu panik jika akhirnya anak memilih berenang, berkuda, dan musik sekaligus. Memang begitulah karakter golongan darah B. Ia adalah si Multitasking.

Golongan darah A
Tipe yang paling penurut. Takut terhadap risiko, tetapi sangat detail dalam mengerjakan sesuatu. Melanggar aturan, tidak ada dalam kamus si A. Dia juga mudah dipimpin dan diarahkan.

Anak A sangat terorganisasi dan berhati-hati. Karenanya ia bisa dipercaya mengerjakan pekerjaan yang menuntut ketelitian. Serius, kalem, dan berkepala dingin. Golongan darah A juga sangat tertutup. Ia tidak suka memiliki terlalu banyak sahabat. Sedikit sekali orang yang bisa dipercaya olehnya.

Saran pola asuh: Jika orangtua ingin anak A jadi lebih pemberani, berilah "jaminan keselamatan" ekstra padanya. Beri penjelasan tentang apa saja secara mendetail padanya. Ia akan percaya apa yang Anda katakan memang benar, dan tidak mencelakakannya. Poin terakhir ini sangat dibutuhkan oleh anak A.

Golongan darah AB
Kaum yang satu ini sangat unik. Cara pikirnya cenderung tidak umum. Religius, sentimental. Semuanya dipikirkan dengan sangat dalam. Golongan darah AB adalah gabungan dari golongan darah A dan B. Itu sebabnya, anak bergolongan darah AB seperti berkepribadian ganda. Sedikit bersifat A dan sedikit bersifat B.

Anak AB suka berteman, tapi terkadang lebih suka menyendiri. Agak sulit menggambarkan karakter golongan darah AB. Kata yang tepat untuknya adalah sulit untuk dimengerti.

Saran pola asuh: Sebaiknya orangtua proaktif bertanya jika tidak mengerti atau khawatir akan tindakan si AB. Jangan langsung menghakimi. Pelan-pelan amati tingkah laku dan kemauannya, baru kemudian diarahkan dan diberi pengertian.

Judul: Pahami Anak dari Golongan Darahnya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS