» Home » »Etnis Tionghoa Pontianak Rayakan Bak Cang

Etnis Tionghoa Pontianak Rayakan Bak Cang

semua-nyata.blogspot.comPerayaan Tuan U Ciek, yang dirayakan orang Tionghoa dengan tradisi bikin kue Bak Cang dan mandi di sungai pada tengah hari (Wu shi/U Shi) antara pukul 11.00-13.00 setiap tanggal 5, bulan 5 pada penanggalan Imlek untuk tahun ini jatuh pada Rabu (16/6/10).

Menurut tokoh Budayawan Tionghoa, XF Asali, dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa tradisional, mandi di saat u shi di sungai atau laut akan membawa berkah dan keselamatan. Segala sifat buruk dan tabiat yang tidak baik, biar dihanyutkan mengikuti derasnya arus air yang mengalir.

Bukan sampai di situ saja, mandi di saat u shi di sungai, juga dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan. Diyakini, air u shi yang diambil siang hari pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek di sungai yang mengalir merupakan air yang mengandung berkah dapat dijadikan khasiat obat dan dapat disimpan untuk digunakan sewaktu-waktu ketika diperlukan, ujar XF Asali.

Selain mandi U shi di sungai, perayaan Tuan U Ciek juga tidak terlepas dengan tradisi makan bak cang. Yaitu kue berbentuk krucut yang terbuat dari beras ketan pilihan yang di dalamnya ada berisikan daging atau sayuran dan ada juga yang tanpa isi (vegetarian).

"Intinya, dengan perayaan Tuan U Ciek, kita harus instropeksi diri, merenung tingkah laku selama ini yang benar dan salah, sehingga dapat memperbaiki diri menjadi manusia yang jauh dari bala petaka, ujarnya.
Judul: Etnis Tionghoa Pontianak Rayakan Bak Cang
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS