» Home » »Gunung Vesuvius Si Pemusnah Peradaban Pompeii

Gunung Vesuvius Si Pemusnah Peradaban Pompeii

Gunung Vesuvius Si Pemusnah Peradaban Pompeii. 2000 tahun yang lalu, terjadi letusan dahsyat gunung Vesuvius tak jauh dari ujung selatan Italia. Konon letusan itu adalah yang pertama setelah gunung api tersebut tertidur lelap selama berabad-abad.

http://tymask.files.wordpress.com/2009/05/pompeii_03.jpg

Gunung Vesuvius yang menurut legenda berarti “Putra Ves/Zeus” alias Hercules, terletak di kawasan Campagnia dekat Teluk Napoli, tak jauh dari kota industri dan perdagangan Pompeii yang ketika itu berpenduduk lebih dari 20 ribu jiwa. Tak jauh dari sana juga terdapat kota peristirahatan musim panas, Herculaneum, yang dipenuhi villa, pemandian ala Romawi, dan tak lupa perjudian. Di sekitarnya dapat dijumpai perkebunan anggur yang luas, juga beberapa kota kecil seperti Stabiae.

http://ethnology.files.wordpress.com/2010/04/ve3d-vesuvius_1.jpg

Letusan pada tahun 79 ini diawali oleh sebuah gempa besar pada tahun 62. Tetapi bangsa Romawi pada masa itu tidak menghubungkan gempa dengan aktivitas gunung berapi. Mungkin ini karena mereka, terutama di Campagnia, sudah terbiasa dengan banyaknya getaran dan goncangan bumi, kecil dan besar.

http://volcano.oregonstate.edu/sites/default/files/Vesuvius_from_plane.jpg

dari Wikipedia Menjelang tengah hari tanggal 24 Agustus, Vesuvius meledak, menghamburkan gumpalan abu tebal yang bisa digambarkan menyerupai jamur atau pohon cemara. Seperti digambarkan Pliny The Younger, filsuf yang sedang berada di Teluk Napoli pada saat letusan terjadi, dalam suratnya kepada Tacitus, abu terlempar jauh tinggi ke atas seperti batang, lalu melebar dan akhirnya berhamburan ke bumi. Tinggi semburan ini diduga mencapai 30 kilometer, dan selama hampir 12 jam kemudian, Pompeii seperti dilapisi abu dan kerikil vulkanis setebal beberapa sentimeter.

http://i624.photobucket.com/albums/tt327/deathnotekira77/800px-Vesuvius_from_Pompeii.jpg

Penduduk Pompeii panik dan mulai mengungsi ke luar kota, menyisakan 2000 orang yang masih bertahan dalam lubang-lubang persembunyian menanti letusan gunung berakhir. Tapi selambat-lambatnya pada keesokan harinya, mereka tewas karena keracunan setelah menghirup gas dan abu vulkanis.

http://4.bp.blogspot.com/_zRvrA91nxE4/SYbxnCe3kXI/AAAAAAAAAqM/T-_H6rb_CwA/s1600/pompeii_temple_of_jupiter.jpg

Korban Vesuvius, Sementara Herculaneum sementara masih terselamatkan pada fase awal karena angin bertiup dari arah Barat. Tetapi penduduk Herculaneum yang sesungguhnya terletak lebih dekat dengan Vesuvius, tak sempat lega terlalu lama. Gumpalan abu dan gas diikuti oleh letusan lava dan bebatuan menenggelamkan kota itu hingga lebih dari 20 meter. Suhu yang mencapai 400 derajat Celcius membuat benda organik seperti tubuh manusia menghangus, atau bahkan meledak.

http://1.bp.blogspot.com/_u8L2mMKopjM/S3fY3wfg9UI/AAAAAAAAAN4/loavvMNRoiU/s320/Pompeii+2.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_b08RWB-bfFM/SdUBjpHzskI/AAAAAAAAAgo/criNONcjG8U/s320/KOrban+Pompeii.jpg
http://misteridunia.files.wordpress.com/2008/09/pompeii.jpg

Letusan berlangsung selama hampir 24 jam, di mana Vesuvius melepaskan 4 kilometer kubik kandungannya, terutama abu dan bebatuan. Kawasan yang menderita kerusakan paling parah adalah kawasan di selatan dan tenggara gunung itu. Jumlah keseluruhan korban yang meninggal dunia mencapai 10 ribu orang.

http://4.bp.blogspot.com/_tQVrXC0jXzo/SwTWyjEXRfI/AAAAAAAAANk/qaMXtEjnUpA/s1600/pompeii-dead.jpg
http://www.nationalgeographic.com/history/ancient/images/sw/pompeii-victim-50657432-sw.jpg

Pompeii dan Herculaneum ternyata tak pernah dibangun kembali oleh para -bekas- penduduknya yang selamat, hingga secara kebetulan ditemukan kembali pada abad ke-18. Tetapi Vesuvius kini masih berdiri tegak. Ia masih sempat meletus puluhan kali hingga terakhir kalinya pada tahun 1944. Walaupun tinggi puncaknya saat ini hanya 1281 meter dari permukaan laut, satu-satunya gunung berapi benua Eropa yang masih aktif ini akan selalu mengingatkan akan ganasnya alam yang dapat memusnahkan sebuah kota.

http://3.bp.blogspot.com/_2sQ1MmTf5i8/SFh5Ls5eEcI/AAAAAAAAAdk/QRDu9KM_hZA/s400/pompeii.jpg
http://www.cosmogirl.co.id/files/teasercontent/teaser__090203135635.jpg

Dan kita, penduduk Indonesia, sewajarnya juga mengingat bahwa gunung-gunung berapi di sekitar kita harus selalu diwaspadai aktivitasnya. Terlebih lagi, karena Indonesia masih memegang rekor jumlah korban tewas terbanyak akibat letusan gunung berapi, yaitu letusan Gunung Tambora (Sumbawa, April 1815) yang mengambil 92 ribu jiwa.

sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com
Judul: Gunung Vesuvius Si Pemusnah Peradaban Pompeii
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS