» Home » »Badai Matahari Ancam Indonesia?

Badai Matahari Ancam Indonesia?

Badai Matahari Badai Matahari Ancam Indonesia?

NASA melaporkan badai matahari menghantam bumi pada Selasa (3/8). Lalu apakah badai matahari itu akan berdampak pada Indonesia?.

Badai Matahari Ancam Indonesia? Ketua Umum Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN Drs Sri Kaloka Prabotosari mengatakan ledakan-ledakan kecil matahari sudah mulai muncul tapi hal itu tidak signifikan. “Jadi tidak perlu dikhawatirkan” katanya saat dihubungi via telepon Selasa (3/8) petang. Ia menjelaskan siklus puncak aktivitas matahari terjadi setiap 11 tahun di mana banyak terdapat bintik hitam di permukaan matahari yang menunjukkan keaktifan dari aktivitas matahari.

Namun prediksi badai matahari besar yang seharusnya terjadi pada 2012, justru akan mengalami pergesaran waktu, karena aktivitas matahari saat ini masih sangat minim. Prabotosari menilai badai matahari besar kemungkinan akan bergeser dan terjadi pada 2014. Hal itu terlihat dari alat untuk mendeteksi ledakan matahari Solar Radio Spectograph milik LAPAN yang diketahui ledakan matahari belum ada yang signifikan dan dampaknya belum terasa.

Menurut Prabotosari peristiwa ini sudah pernah terjadi pada siklus matahari yang ke-23 di mana mengakibatkan hilangnya satelit Kanada dan Amerika. Hilangnya satelit itu mengakibatkan gangguan sistem telekomunikasi, namun pada waktu itu tidak terlalu terasa.

Sumber: inilah.com

Judul: Badai Matahari Ancam Indonesia?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS