» Home » »Bisakah Pijat Meningkatkan Kesempatan Hamil?

Bisakah Pijat Meningkatkan Kesempatan Hamil?

Pasangan yang sudah menginginkan kehadiran anak terkadang melakukan pemijatan perut agar bisa meningkatkan peluang hamil. Bisakah pijat meningkatkan kesempatan untuk hamil? Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan pijat bisa meningkatkan kesuburan dan kesempatan kehamilan. Hanya ada satu studi yang menunjukkan bahwa pijat tangan pada tubuh seseorang bisa menurunkan tingkat kecemasan seseorang.

Stres dianggap sebagai pemicu susah hamil dan kemudian pijat dipilih untuk mengurangi stres. Secara teori jika stresnya berkurang maka dapat meningkatkan peluang seseorang untuk hamil.

Dikutip dari Babycenter, Senin (5/7/2010) seiring berjalannya waktu, stres yang dialami bisa menghambat seseorang untuk hamil.

Hal ini disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi dapat membuat pusat hormon di otak menjadi bingung. Akibatnya otak tidak bisa mengirimkan hormon-hormon reproduksi yang diperlukan untuk memberitahu ovarium agar melepaskan sel telur.

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Neurosciences pada Januari 2004, peneliti memang tidak melihat efek dari pijat terhadap kesuburan. Tapi secara signifikan pijat memang bisa membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Pada studi ini pemijatan yang dilakukan selama 10 menit bisa menurunkan tingkat stres seseorang.

Selama ini pasangan kerap kali melakukan perawatan kesuburan yang mahal. Tapi jika memang tidak ada masalah pada produksi sperma, sel telur dan organ yang mempengaruhi kehamilan, maka tak ada salahnya sesekali melakukan pijatan yang bisa membuat tubuh menjadi rileks.

Meskipun belum ada bukti yang menunjukkan hubungan langsung antara pemijatan dengan kesuburan, namun pijat yang dilakukan dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan sehingga produksi hormon di dalam tubuhnya tidak terganggu.

Sumber: health.detik.com
Judul: Bisakah Pijat Meningkatkan Kesempatan Hamil?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS