» Home » »Penularan Meningitis Bisa Dicegah

Penularan Meningitis Bisa Dicegah

semua-nyata.blogspot.comPenyakit meningitis menjadi penyebab wafatnya Gisca Putri Agustina Sahetapy, anak dari artis Dewi Yull dan Ray Sahetapy, Jumat (11/6) pukul 03.30 WIB. Seperti apa penyakit ini? Meningitis adalah radang membran pelindung sistem syaraf pusat. Membran atau selaput ini melapisi otak dan syaraf tunjang. Meningitis dapat disebabkan berbagai mikroorganisme, luka fisik, kanker, atau obat-obatan tertentu yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak.

Meningitis adalah penyakit serius karena letaknya dekat otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan kendali gerak, pikiran, bahkan kematian. Daerah 'sabuk meningitis' di Afrika terbentang dari Senegal di barat ke Ethiopia di timur. Daerah ini ditinggali kurang lebih 300 juta manusia. Pada 1996 terjadi wabah meningitis yang menyerang 250.000 orang, dan sebanyak 25.000 orang wafat.

Pasien yang diduga mengalami Meningitis haruslah dilakukan suatu pemeriksaan yang akurat, baik itu disebabkan virus, bakteri ataupun jamur. Ini diperlukan untuk spesifikasi pengobatannya, karena masing-masing akan mendapatkan terapi sesuai penyebabnya. Meningitis yang disebabkan oleh virus umumnya tidak berbahaya, akan pulih tanpa pengobatan dan perawatan yang spesifik. Namun Meningitis disebabkan oleh bakteri bisa mengakibatkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Sedangkan Meningitis disebabkan oleh jamur sangat jarang. Jenis ini umumnya diderita orang yang mengalami kerusakan immun (daya tahan tubuh) seperti pada penderita AIDS. Sementara bakteri yang dapat mengakibatkan serangan meningitis di antaranya Streptococcus pneumoniae(pneumococcus), aemophilus influenzae (haemophilus), Neisseria meningitidis (meningococcus), Listeria monocytogenes (listeria) dan bakteri lainnya seperti Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis.

Pneumococcus merupakan bakteri yang paling umum menyebabkan meningitis pada bayi ataupun anak-anak. Jenis bakteri ini juga yang bisa menyebabkan infeksi pneumonia, telinga dan rongga hidung (sinus). Sedangkan bakteri Meningococcus) merupakan penyebab kedua terbanyak setelah Pneumococcus. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada saluran nafas bagian atas yang kemudian bakterinya masuk ke dalam peredaran darah.

Sementara Haemophilus influenzae type b (Hib) adalah jenis bakteri yang juga dapat menyebabkan meningitis. Jenis virus ini sebagai penyebab infeksi pernafasan bagian atas, telinga bagian dalam dan sinusitis. Pemberian vaksin (Hib vaccine) telah membuktikan terjadinya angka penurunan pada kasus meningitis yang disebabkan bakteri jenis ini.

Jenis bakteri lainnya yang ditemukan di banyak tempat adalah Listeria. Bakteri ini biasa ditemukan di dalam debu dan dalam makanan yang terkontaminasi. Makanan ini biasanya yang berjenis keju, hot dog, dan daging sandwich. Bakteri ini memang berasal dari hewan lokal (peliharaan).

Gejala yang khas dan umum ditampakkan oleh penderita meningitis di atas umur 2 tahun adalah demam, sakit kepala dan kekakuan otot leher yang berlangsung berjam-jam atau dirasakan sampai dua hari. Tanda dan gejala lainnya adalah photophobia (takut/menghindari sorotan cahaya terang), phonophobia (takut/terganggu dengan suara yang keras), mual, muntah, sering tampak kebingungan, kesusahan untuk bangun dari tidur, bahkan tak sadarkan diri. Pada bayi gejala dan tanda penyakit meningitis mungkin sangatlah sulit diketahui, namun umumnya bayi akan tampak lemah dan pendiam (tidak aktif), gemetaran, muntah dan enggan menyusui.

Apabila ada tanda-tanda dan gejala seperti di atas, maka secepatnya penderita di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayan kesehatan yang intensif. Pemeriksaan fisik, pemeriksaan labratorium yang meliputi tes darah (elektrolite, fungsi hati dan ginjal, serta darah lengkap), dan rontgen paru akan membantu tim dokter dalam mendiagnosa penyakit.

Sedangkan pemeriksaan yang sangat penting apabila penderita telah diduga meningitis adalah pemeriksaan Lumbar puncture (pemeriksaan cairan selaput otak). Jika berdasarkan pemeriksaan penderita didiagnosa sebagai meningitis, maka pemberian antibiotik secara infus (intravenous) adalah langkah yang baik untuk menjamin kesembuhan serta mengurang atau menghindari risiko komplikasi. Antibiotik yang diberikan kepada penderita tergantung dari jenis bakteri yang ditemukan.

Meningitis yang disebabkan oleh virus dapat ditularkan melalui batuk, bersin, ciuman, sharing sendok makan, pemakaian sikat gigi bersama, dan merokok bergantian dalam satu batangnya. Untuk pencegah tertular penyakit ini, cucilah tangan yang bersih sebelum makan dan setelah ke toilet umum, memegang hewan peliharaan. Menjaga stamina (daya tahan) tubuh dengan makan bergizi dan berolahraga yang teratur adalah sangat baik menghindari berbagai macam penyakit.

Sumber: inilah.com
Judul: Penularan Meningitis Bisa Dicegah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS