» Home » »Komet Baru Kejutkan Pengamat Langit

Komet Baru Kejutkan Pengamat Langit

semua-nyata.blogspot.comKomet yang ditemukan baru-baru ini mengejutkan pengamat langit karena lebih terang dari perkiraan, dan dapat dilihat dengan mata telanjang beberapa pekan ke depan. Comet McNaught ini, secara resmi bernama C/2009 E1, ditemukan pertama kali oleh astronom asal Australia, Robert McNaught pada September lalu menggunakan teleskop Uppsala Schmidt 0,5 meter dan sebuah kamera CCD. Ini merupakan komet ke 51 yang mencantumkan nama McNaught.

Komet ini diperkirakan dapat mendekati matahari (perihelion) pada 2 Juli dengan jarak sekitar 37 juta mil. Komet tersebut saat ini dapat dilihat di langit gelap yang jauh dari pencahayaan kota maupun lokasi pinggiran. Komet itu di bulan Juni ini memang tampak dinanti oleh para pengamat langit.

Komet McNaught tampak lebih cerah saat lebih dekat dengan matahari karena radiasi surya dapat mendidihkan partikel es dan debu dari inti komet. Materi yang membentuk awan tersebut dinamakan coma. Terkadang berbentuk seperti tali dan tercermin saat diterangi sinar matahari.

Komet tersebut menjadi bukan barang asing karena namanya mirip C/2006 P1 McNaught yang tampak di langit pada 2007. Komet ini begitu menakjubkan sehingga disebut sebagai ‘Komet Terbaik tahun 2007”.

Sumber: inilah.com
Judul: Komet Baru Kejutkan Pengamat Langit
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS