» Home » »Perbedaan Budaya Barat dengan Budaya Timur

Perbedaan Budaya Barat dengan Budaya Timur

Ikon-ikon ini diciptakan oleh seorang cewek bernama Yang Liu yang berkebangsaan China tapi berpendidikan di Jerman. Ikon-ikon ini dibuat oleh Yang Liu untuk menggambarkan perbedaan antara budaya Barat dan budaya Timur. Ada 17 ikon dibawah ini, sangat simple tp bener2 bisa diartikan secara luas dg mudah.

Note: Blue = West Culture, Red = East Culture

1. KEMARAHAN


Apabila orang bule marah, maka kita akan dengan mudah tau bahwa dia marah melalui body language nya.
Kalo di budaya Timur, kita akan susah mengetahui apakah seseorang lagi marah atau gak. Kadang tersenyum dan tetap ramah tp dalam hati dongkol setengah mati.

2. RELASI



Orang bule kebanyakan hanya menjalin hubungan dengan orang2 tertentu saja. Kalo butuh ya berhubungan kalo ga butuh ya udah.
Kalo orang Timur berhubungan dengan banyak orang. Semua jadi relasi. Semakin banyak relasi, bisnis jadi lancar hehe . Betul gak gan?

3. DEFINISI KECANTIKAN



Di kebudayaan Timur, semakin putih cewek, semakin cantik dia. Liat saja iklan2 skin whitener yg merajalela dimana2. Cewek2 yang sangat terobsesi jg sangat takut terkena sinar matahari. Pake baju lengan panjang ato jaket jika pergi keluar ato pake payung. Bandingkan di negara2 barat dimana orang lebih suka dengan kulit yang agak berwarna. Coba saja liat di pantai2 di kuta, yg seneng berjemur sapa saja kalo ga bule2.

4. HARI-HARI TUA



Sekarang di sini kita liat saja, banyak kan kakek nenek yang sedang momong cucunya. Sementara orang tua mereka sedang bekerja, yg momong anak ya embah2nya. Sangat menyenangkan bagi mereka untuk menghabiskan hari2 tua dengan momong cucu. Beda sekali di negara barat. Karena karakter "independence" orang bule, maka kebanyakan begitu pula pilihan mereka menghabiskan hari tua. Jarang sekali ada orang tua yang tinggal bersama dengan anaknya.

5. DI RESTORAN



Coba kita restoran di sini, pasti rame banget kan gan? bahkan ada yg ketawa ketiwi dan berisik deh. Kalo orang bule, di restoran bisik2 ngomongnya gan.

6. SAYA



Orang bule selalu berfikir tentang SAYA. Sementara kita selalu berfikir sebagai bagian kecil dari suatu kelompok.

7. CARA MENGATASI MASALAH



Perbedaan ini yang kadang bikin orang bule yang tinggal di Asia jadi frustasi. Karena cara orang Asia untuk mengatasi suatu

masalah itu begitu mbulet gan. Kadang malah masalah utamanya ga terselesaikan. Yang penting tetap jalan walopun masalah ga selesai. Beda ama bule yg frontal dalam menyelesaikan masalah.

8. ANTRIAN



Nah yang ini keknya kita semua sudah tau adat kita kalo pas antri. Berantakan gan. Siapa cepat dia duluan dah. Gara2 ini, untuk lebih mengajarkan kesopanan dlm ngantri di China sesaat sebelum Olimpiade dilaksanakan disana, tiap bulan sekali

diadakan Hari Antri Nasional gan.


10. WAKTU MANDI



Orang Bule suka mandi waktu hari panas. Orang kite sukanya mandi sebelum matahari terbit gan.

11. JALAN2 HARI MINGGU



Karena keindividualisannya, orang bule lebih suka istirahat dg menyendiri saja. ga suka di keramaian. lha wong istirahat tp kok ke tempat rame, mungkin gitu mikirnya. Kalo di kita, waktu libur enak ke mall dong. cari tempat2 yang rame buat kongkow.

12. ANAK-ANAK



Lihatlah kita, kita akan bekerja sekuat tenaga demi anak2 kita. Demi keturunan kita. Untuk anak2 bule, mereka dibiasakan mandiri sedari kecil. Mereka harus terbiasa sendiri dan sebisa mungkin tanpa bantuan orang tua.

13. DI PESTA

Di pesta orang bule, biasanya berbincang2 secara terpisah gitu. Paling bergerombol 2~4 orang lah. Di indonesia, lebih seru kan kalo bareng2 acaranya. diatur ama MC gitu kan. Jadi ga terpisah2 gitu. kalo gitu mendingan jalan sendiri ajah deh.

14. TRANSPORTASI



Jaman dulu orang bule taon 70an dah pake mobil gan. sekarang ganti naek sepeda atas nama generasi hijau katanya. di indonesia dulu pake sepeda (itupun yang berduit yah) karena mobil langka gan. sekarang jakarta macet gara2 banyak mobil.

15. BOS



Di perusahaan2 barat, bos itu part of the team. Dia bagian dari tim. Tp kalo di perusahaan2 asia, bos itu spt dewa gan.

takutnya minta ampun lah kalo sama bos. bos salah ajah, anak buah ga ada yg berani nentang ato protes.

16. TRAVELING



Orang bule traveling buat liat pemandangan yang seger2. kalo kita yang penting poto2nya dong.

17. WAY OF LIFE



Dari ikon nya ajah dah ketahuan kan.

18. MAKANAN


Orang bule suka makanan asia yang sehat dan penuh sayur dan rempah. Sementara kita suka makanan yg kebarat2an biar dianggap gaya dan ga ketinggalan jaman.

Sumber: tak-disangka.blogspot.com
Judul: Perbedaan Budaya Barat dengan Budaya Timur
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS