» Home » »Penyebab Menurunnya Gairah Seksual

Penyebab Menurunnya Gairah Seksual

Libido atau gairah seksual adalah satu di antara sejumlah faktor yang berperan menjaga keintiman hubungan suami istri. Namun, sewaktu-waktu, libido seksual seseorang dapat menurun lantaran gangguan kesehatan fisik maupun psikis. Secara psikis, rasa gelisah, tertekan, bahkan stress dapat membuat libido menurun, sehingga pada saat melakukan hubungan seksual, lubrikasi pada vagina berkurang dan akibatnya akan terasa nyeri pada saat penetrasi. Itu pada wanita, begitu pula pada pria, gangguan psikis ini menyebabkan penis sulit ereksi, serta ejakulasi dini. Akibatnya, hubungan intim pun tak berlangsung mulus.

Dari segi fisik, kebugaran anda dan pasangan akan mendukung kelancaran hubungan seksual. Bila anda mengalami penyakit seperti flu, diare, atau demam, berarti daya tahan tubuh anda sedang menurun, begitu juga libido anda. Tapi, setelah menjalani pengobatan dan tubuh anda kembali bugar, kontak seksual bisa berlangsung lagi seperti biasa. Masalahnya, ada beberapa penyakit yang bisa mengacaukan aktivitas seksual anda dalam waktu yang cukup lama, bahkan menahun.

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit yang kemungkinan bisa mengganggu kemesraan anda dan pasangan di tempat tidur, plus cara mengatasinya agar aktivitas tersebut dapat kembali berjalan dengan lancar. Penyakit ini berdampak mematikan keinginan seksual.

DIABETES
Disfungsi seksual paling banyak ditemui pada penderita diabetes. Penyebabnya, karena kerja pembuluh darah dan syaraf kurang baik, sehingga kadar gula darah meningkat yang menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Dampaknya pada wanita penderita diabetes adalah sering merasakan cepat lelah dalam beraktifitas, termasuk dalam berhubungan intim. Pada pria, efeknya lebih buruk lagi, bila tidak dikendalikan dengan baik melalui pengobatan dan asupan makanan yang tepat, gangguan metabolisme tersebut akan menganggu aliran darah ke berbagai organ tubuh, termasuk organ kelamin pria, yang dapat menurunkan kemampuan untuk ereksi dan ejakulasi dini.

Usaha yang bisa dilakukan
Jika anda atau suami mengidap penyakit ini, sebaiknya kendalikan lewat pengobatan teratur dan asupan makanan yang tepat. Sebagai vitamin tambahan, anda bisa mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin E, C, B kompleks, kalsium, dan seng. Gunanya, untuk menjaga keseimbangan fungsi sistem saraf dan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam organ reproduksi.

TEKANAN DARAH TINGGI
Melakukan hubungan intim bagi penderita tekanan darah tinggi, termasuk beresiko. Sebab, ketika bersenggama biasanya terjadi peningkatan tekanan darah. Jika tekanan darah meningkat terlalu tinggi, akan menyumbat pembuluh darah, sehingga kemungkinan besar bisa mengakibatkan stroke. Selain itu, beberapa jenis obat untuk tekanan darah tinggi, ada juga yang berefek menurunkan gairah seksual.

Usaha yang bisa dilakukan
Sebaiknya, penderita selalu melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur, sebelum melakukan hubungan intim. Gunanya, agar perubahan tekanan darah tidak terlalu meningkat secara signifikan. Berkonsultasilah dengan dokter agar anda bisa memperoleh obat yang mempunyai efek yang sama tanpa mengganggu sistem seksual.

INFEKSI VAGINA
Infeksi ini bisa mengakibatkan rasa nyeri saat bersenggama, akibat kurang lubrikasi. Bisa jadi anda mengalami dispareunia, yaitu tidak keluarnya lendir (atau keluar tetapi jumlahnya sedikir) di vagina, yang bisa terjadi karena kurangnya rangsangan dari pasangan pada saat akan melakukan penetrasi.

Usaha yang bisa dilakukan
Jangan terlalu cepat melakukan penetrasi. Lakukan foreplay dalam waktu yang cukup. Sebab, minimnya lubrikasi vagina bisa terjadi karena waktu foreplay yang kurang lama. Namun, keluhan ini juga perlu diperiksa ke ginekologi. Jika terlalu lama dibiarkan, bisa menyebabkan munculnya keputihan dalam jumlah banyak yang disertai rasa gatal dan berbau.

JANTUNG
Pada penderita jantung, disfungsi seksual kebanyakan terjadi pada pria. Pengerasan arteri pada pengidap penyakit jantung dapat menyebabkan aliran darah tidak normal menuju penis, sehingga sulit untuk ereksi.

Usaha yang bisa dilakukan
Sebaiknya anda berkonsultasi pada kardialog atau ahli jantung, sebab perlakuan terhadap penyakit ini harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Setidaknya, ada beberapa tips yang harus diketahui agar aktivitas seksual tidak terganggu.
* Hindari makan terlalu banyak dan mengkonsumsi alkohol sebelum melakukan senggama. Sebab, energi dan aliran darah akan lebih banyak digunakan pada saluran pencernaan, yang mengakibatkan energi akan habis terkuras. Akibatnya, tidak ada tenaga lagi untuk melakukan hubungan intim.
* Lebih baik melakukan aktivitas seks di pagi hari, ketika badan masih segar dan energi masih banyak terkumpul.
* Berolahraga secara teratur, seperti jogging, bersepeda, atau jalan kaki. Gunanya agar aliran darah bisa berjalan lancar ke seluruh tubuh.

ANEMIA
Penyakit kekurangan darah ini dapat menurunkan gairah seksual. Seperti diketahui, sel darah merah berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Karena darah merah rendah, proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh kurang berjalan dengan baik. Akibatnya, anda merasa cepat lelah, lesu dan kurang bertenaga. Penyekit ini timbul akibat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Usaha yang bisa dilakukan
Perbaiki nutrisi anda dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Perbanyak juga makanan yang mengandung zat besi, seperti hati sapi, dan lainnya. Dengan begitu, anda dan suami bisa menjalani aktivitas seksual, tanpa merasa cepat lelah.

(Dari berbagai sumber)
Judul: Penyebab Menurunnya Gairah Seksual
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS