» Home » BeritaTips dan Trik »Tips Mencari Perkerjaan 2013

Tips Mencari Perkerjaan 2013


Berita baik yang meluncur di penghujung tahun 2012 adalah bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia kabarnya membaik.
Ini bisa berarti lebih banyak pekerjaan yang sedang diciptakan tahun depan.
Mencari pekerjaan memang susah-susah gampang, akan tetapi Anda harus tetap optimis, berpikir positif dan terus meningkatkan keterampilan. Pintu gerbang untuk sebuah wawancara kerja adalah surat lamaran. Nah, mulailah menulis lamaran yang outstanding (punya nilai lebih dibanding lamaran lain), dengan begitu Anda bisa mengungguli pesaing lainnya.
Berikut trik menyusun lamaran kerja yang menarik:
1. Menulis email yang menarik 
Kadang kita terlalu fokus pada resume dan surat pengantar yang sempurna, lalu lupa bahwa ada sebuah email terlampir yang juga membuat kesan.
Sebelum penerima membaca lebih lanjut CV Anda tentu ia akan membaca kalimat pembuka email. Tipnya tulislah email santun yang pendek.
2. Memaksimalkan LinkedIn
Jaringan profesional ini baru saja melakukan makeover, sehingga memungkinkan Anda memanfaatkan semua fitur LinkedIn.
Berbagi update dan artikel, memperluas jaringan Anda, buatlah agar orang  yang membutuhkan skill yang Anda kuasai mudah menemukan Anda, dan banyak lagi.
3. Akhir pekan yang produktif
Bila saat ini Anda sedang bekerja, fokus saja pada pekerjaan yang dijalani. Anda akan butuh rekomendasi yang baik, bukan?  
Lakukan pencarian pekerjaan baru saat akhir pekan. Buatlah janji temu dengan para profesional pada hari Sabtu, berbelanjalah pakaian baru untuk interview, dan bikin jadwal seminggu ke depan.
4. Gunakan Google Doc Templates
Jika ada alat yang dapat membantu Anda mempermudah mencari pekerjaan, kenapa tidak? Paling tidak mencobanya sekali. Salah satu aplikasi yang efektif dan murah (baca gratis) untuk mengatur pencarian kerja Anda adalah Google Doc Template.
Gunakan untuk men-download template yang relevan seperti Networking Tracker  dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
5. Buang informasi yang tak relevan
Kesalahan ejaan dan kesalahan ketik bukan kesalahan yang basa dilakukan para pencari kerja. Kesalahan lainnya yang sering dilakukan pelamar adalah melampirkan informasi yang tidak relevan atau samar-samar tentang prestasi dan skill Anda.
6. Gunakan sosial media
Sekarang kita tahu bagaimana sosial media itu penting. Perekrut menggunakannya untuk mencari informasi tentang karyawan potensial. Gunakan akun Anda secara aktif dan kreatif (tapi tidak berlebihan).
7. Tetap Optimis
Dalam mencari pekerjaan tentu saja Anda akan, atau paling tidak mengalami beberapa kegagalan.
Penting untuk menemukan cara menjaga sikap positif untuk melalui penolakan dan kegagalan mendapatkan pekerjaan impian. Penelitian telah menunjukkan bahwa pelamar yang tetap positif akan membuka kesempatan menemukan pekerjaan setelah empat bulan.
8. Fokus pada perusahaan
Mungkin selama ini Anda sudah mendengar banyak tip menulis resume yang baik, bagus dan hebat. Saking banyaknya informasi di kepala, Anda justru kebingungan memulainya. Akibatnya, tak ada kalimat yang cukup baik untuk memulai surat lamaran Anda.
Tenang, hanya ada beberapa hal yang perlu diingat: fokus pada perusahaan, bukan diri sendiri dalam penulisan aplikasi. Dan hindari kesalahan umum seperti ejaan dan ketikan pada surat lamaran Anda. Bila Anda menuliskannya dalam bahasa asing, perhatikan tata bahasa yang baik dan benar.
9. Latihan menjawab pertanyaan wawancara 
Apakah Anda mendapatkan panggilan wawancara kerja yang terjadwal atau dadakan, selalu ada waktu melatih diri. Mulailah melatih dari pertanyaan yang paling umum seperti: "Mengapa Anda ingin bekerja untuk kami?" atau  "Apa kelemahan terbesar Anda?"
Sumber : Tribunnews
Judul: Tips Mencari Perkerjaan 2013
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS