» Home » Dunia KesehatanTips dan Trik »9 Tips Mencegah Infeksi Jamur Vagina

9 Tips Mencegah Infeksi Jamur Vagina


Sekitar 75 persen perempuan mengalami setidaknya sekali infeksi jamur vagina selama hidupnya. Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut ini :

* Gunakan celana dalam katun. Hindari pemakaian panty liners yang bisa meningkatkan risiko kekambuhan infeksi jamur vagina. Jamur biasa berkembang dalam lingkungan lembab.
* Hindari celana ketat. Sebaliknya pilih celana pendek atau celana panjang longgar agar daerah intim tetap kering, adem, dan sirkulasi udaranya baik.
* Ganti pakaian basah, terutama seusai berolahraga atau berenang. 
* Jauhi douches, bedak beraroma, tampon, dan semprotan deodoran kewanitaan. Produk-produk ini mengandung bahan kimia dan parfum yang mengganggu keseimbangan bakteri baik dan mikroorganisme lain dalam vagina.
* Bersihkan organ kewanitaan dari arah depan ke belakang guna mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina.
* Bila Anda mengidap diabetes, kontrol gula darah guna mengurangi risiko infeksi jamur. Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol berhubungan dengan berbagai infeksi.
* Mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur hidup Lactobacillus acidophilus guna mencegah infeksi jamur.
* Bila Anda terkena infeksi jamur vagina setelah mengonsumsi antibiotik, bicarakan dengan dokter tentang terapi sebagai tindak pencegahan di awal dan akhir konsumsi antibiotik.
*   Lakukan diet sehat dan kelola stres dengan baik. Meski belum dikonfirmasi lewat penelitian medis, sejumlah perempuan mengatakan bahwa terlalu banyak gula dan stres bisa memicu infeksi jamur.
Sumber : sehatnews.com
Judul: 9 Tips Mencegah Infeksi Jamur Vagina
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS