» Home » »5 Cara jitu Basmi Bau Badan

5 Cara jitu Basmi Bau Badan

Apalah artinya wajah cantik, jika tubuh mengeluarkan bau tak sedap. Atasi segera sebelum anda kehilangan rasa percaya diri.

Setiap orang pada dasarnya mengeluarkan bau badan yang khas (natural body odour). Namun, kadarnya berbeda-neda. Yang menjadi masalah adalah jika bau yang dikeluarkan tubuh beraroma tajam atau bahkan menyengat. Untuk menghindarinya, kebersihan tubuh serta asupan makanan harus di perhatikan. Pemakaian produk-produk, seperti bedak, deodorant, serta anti prespirant juga sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah ini.


Apa penyebab utama Bau Badan dan bagaimana cara mengatasinya?


Penyebab Utama
Di dalam tubuh ter depat dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar eccerine dan kelenjar aprocine. Selain di pacu oleh panas, kelenjar-kelenjar tersebut juga bereaksi terhadap stres, emosi, serta peningkatan tekanan darah. Salah satu reaksi yang timbul adalah keluarnya cairan berlebih pada tubuh yang dinamakan keringat.


Karena titik-titik pembuangan cairan tubuh terbanyak terdapat pada daerah ketiak dan vagina, maka dua tempat inilah yang rawan menimbulkan bau. Terlebih daerah ini selalu dalam keadaan basah sehingga mudah menjadi tempat perkembangbiakan bakteri.

5 Cara Atasi Bau Badan

1. Detoksifikasi
Keringat terdiri dari sisa buangan metabolisme tubuh serta toksin yang harus dikeluarkan. Sampah-sampah tersebut kadangkala tidak dapat keluar dari tubuh karena sistem pembuangan yang kurang baik. Hal inilah yang menyebabkan tubuh berbau.
Dengan melakukan detoksifikasi secara teratur, toksin akan keluar dengan sendirinya. Bau badan pun akan teratasi. Bagi mereka yang sangat bermasalah dengat bau badan detoks dapat dilakukan 3-4 hari berturut-turut. Atau di ulang secara periodik (dua kali dalam satu bulan) sampai bau badan hilang.
Detoksifikasi dilakukan dengan membatasi asupan makanan yang boleh dikonsumsi. Biasanya adalah sayur atau buah dalam bentuk cair/ jus. Kandungan serat tinggi pada sayur dan buah berguna untuk membersihkan tubuh dari toksin. Detoks tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Susunan menu selama program detoks sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada ahli naturopati atau dokter gizi.

Lihat Artikel tentang DETOKSIFIKASI.

2. Lulur & Jamu Tradisional
Dalam kondisi normal, pemakaian lulur sebaiknya dilakukan dua minggu sekali. Sediakan minyak zaitun atau minyak essensial untuk memijat, lulur serta rempah untuk mandi. Pemijatan diarahkan pada titik-titik utama jaringan ekresi tubuh, yaitu pada bagian wajah seputar telinga, ketiak, serta perut bawah. Cara ini merangsang pembuangan toksin dan melancarkan metabolisme tubuh. Setelah toksin dikeluarkan, baru kemudian lulur di bubuhkan pada seluruh tubuh sambil digosok-gosok untuk meluruhkan kulit mati. Terakhir, lakukanlah mandi rempah dengan air hangat agar peredaran darah lancar.

Selain perawatan luar, jamu dalam bentuk bubuk atau kaplet juga sangat mengurangi kadar bau tubuh. Rebusan daun beluntas, temulawak, atau daun sirih yag dikonsumsi satu gelas setiap hari dapat mengurangi bau badan. Selain itu, jamu galian singset dan galian putri yang dikonsumsi selama satu minggu (setelah siklus bulanan wanita) juga dapat membantu.

3. Laser & Suntik Botox
Laser bekerja untu menghilangkan bulu-bulu tak diinginkan yang biasanya menjadi sasaran empuk perkembangbiakan bakteri. Saat ini teknik hair removal. Dengan sistem laser sudah dapat dikerjakan di klinik perawatan kecantikan terkemuka.

Sedangkan suntik botox yang selama ini dikenal sebagai penghilang kerut, ternyata juga mampu mengurangi bau badan. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menyuntikan sejumlah botox (racun yag di produksi sejenis bakter clostridium botulinum) pada ketial. Penyuntikan botox tersebut dapat mengurangi jumlah keringat dan otomatis mengurangi aroma kurang sedap dari tubuh.

Satu kali suntikan botox hanya memakan waktu beberapa menit dan dapat bertahan hingga enam bulan. Penggunaan laser dan botox seperti diatas harus dilakukan dibawah pengawasan ahli. Dosis yang salah justru akan menimbulkan kerusakan permanen pada tubuh.

4. Cara Alami
Cara yang alami untuk menghilangkan bau badan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia adalah dengan menggunakan jus tomat,Jeruk Purut & Kencur, Jahe, Daun Sirih & Kapur Sirih, Jeruk Nipis & kapur Sirih, Daun beluntas, Daun kemangi, Temulawak, Bunga Kecombrang, Ketimun, dan Cengkih. Penasaran??? Simak ramuan-ramuan alami-nya di ARTIKEL INI.

5. Sabun & Deodorant/ Antiprespirant
Bakteri yang berkembang biak pada tempat-tempat lembab, seperti ketiak, paha dan tangan dapat diatasi dengan sabun antiseptik. Produk luar seperti bedak bau badan, deodorant, dan anti prespirant juga dapat membantu, meski hanya sementara.

Bedak adalah penangkal bau badan yang baik karena tidak menimbulkan efek samping. Namun bedak hanya cocok bagi mereka yang tidak mengeluarkan banyak keringat. Deodoran alami (tawas yang dikristalkan) merupakan deodoran yang paling aman.
Deodoran yang dijual bebas di pasaran umumnya mengandung bahan anti bakteri yang dapat menghalangi pertumbuhan kuman, namun tidak menghentikan keluarnya keringat.
Sedangkan anti prespirant merupakan bahan anti keringat yang mampu mengurangi produksi keringat. Deodorant stick atau spray tidak efektif bagi mereka yang mempunyai aroma tubuh sangat tajam.

Gabungan antara deodorant dengan menghasilkan kerja yang lebih baik dalam melindungi tubuh dari bau. Nanmun kandungan alumunium dari anti prespirant dapat membahayakan kesehatan. Sebagai antisipasi, bebaskan ketiak dari anti prespirant saat tidur.

Saat ini deodorant, anti prespirant atau gabungan keduanya banyak dijual dalam kemasan spray, roll on, stick dan krim. Jenis yang paling praktis adalah bentuk spray (aerosol atau pump). Sedangkan bentuk krim disarankan bagi mereka yang memiliki masalah serius dengan keringat.

Resep Deodorant Alami:
(Spray, 125 ml)

BAHAN:
Bahan esensial: Rosemary 11 tetes, Melati 20 tetes, Lemon 35 tetes, Lavender 34 tetes
Alkohol 96% 30 ml
Oak moss 3 tetes (dijual di gerai aromaterapi)
Facial toner 10 ml
Air mawar 20 tetes
Spring water 75 ml

CARA MEMBUAT
• Campurkan semua minyak essensial dengan alkohol. Tambahkan sisa bahan yang lain, lalu aduk.
• Masukan ke dalam botol semprot.
• Kocok terlebih dahulu sebelum digunakan.
Judul: 5 Cara jitu Basmi Bau Badan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS