» Home » »Orchard Road Pernah Diklaim Anti Banjir

Orchard Road Pernah Diklaim Anti Banjir

Jalanan Orchard Road Singapura tergenang air hingga setengah meter. Bahkan air masuk ke basement hingga setinggi 1,5 meter lebih. Padahal dulu, pemerintah Singapura sempat mengklaim, Orchard Road tidak akan pernah banjir.

“Orchard Road diproteksi oleh drainase yang hebat,” begitu yang pernah dimuat oleh The New Paper pada 22 Januari 1999 silam. Artikel itu juga mengutip jubir Kementerian LH Singapura. Pemerintah Singapura menjamin drainase itu dapat dengan cepat mengeringkan air hujan yang turun dengan lebatnya.

“Itu bisa mengosongkan air di sebuah kolam renang ukuran olimpiade sebelum kopi latte di cangkirmu dingin,” lanjut tulisan tersebut. Namun kini, 11 tahun setelah klaim tersebut, Orchard Road benar-benar tergenang air setelah kurang lebih satu jam diguyur hujan deras. Praktis, aktivitas bisnis di lokasi favorit orang Indonesia itu lumpuh.

Sebelumnya Singapura juga pernah dilanda banjir besar pada tahun 1978 setelah hujan mengguyur selama 24 jam diguyur hujan. 7 orang meninggal dalam peristiwa itu. Pemerintah menganggarkan SG$ 1,1 miliar sejak 1984 untuk membuat saluran air di seluruh Singapura.

sumber: detik.com
Judul: Orchard Road Pernah Diklaim Anti Banjir
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS