» Home » »11 Bahan-bahan Alami untuk mengusir Bau Badan

11 Bahan-bahan Alami untuk mengusir Bau Badan

Cara yang alami untuk menghilangkan bau badan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami antara lain seperti Jus tomat,Jeruk Purut & Kencur, Jahe, Daun Sirih & Kapur Sirih, Jeruk Nipis & kapur Sirih, Daun beluntas, Daun kemangi, Temulawak, Bunga Kecombrang, Ketimun, dan Cengkih.

Selain aman di gunakan, ramuan tradisional dari bahan-bahan alami ini juga di percaya sangat ampuh mengusir Bau Badan. Simak ramuan-ramuannya berikut ini:

1. Jus Tomat
Cara yang alami untuk menghilangkan bau badan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia adalah dengan menggunakan jus tomat. Tomat yang telah dijus sebanyak dua gelas dicampurkan ke dalam bak mandi, lalu rendam tubuh selama 15-20 menit, setelah itu mandi seperti biasa. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan bau badan.

Selain dengan berendam, jus tomat juga bisa diminum langsung secara biasa sebanyak 1 gelas sehari. Jus tomat dipercaya bisa menghilangkan bau badan karena mengandung garam yang dapat menyeimbangkan pH kulit kita sehingga bisa mengurangi bau badan.

2. Jahe (Zingiber officinale)
Banyak orang India percaya bahwa jika mengonsumsi jahe bisa membuat mereka tercium manis. Menurut Pen Chao Cing dari Kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkannya kepada aura spiritual. Wedang jahe jika dikonsumsi secara teratur bisa jadi sangat membantu mengatasi masalah bau badan.

3. Daun Sirih (Piper Betle) & Kapur Sirih
Sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptic juga mengandung zat-zat aktif yangt mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Minyak atsirinya mengandung antara lain kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol dan zat samak.

Cara pakai : Beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas, setelah dingin airnya diminum. Atau daun sirih dihaluskan bersama kapur sirih lalu di oleskan di kety (ketiak).

4. Jeruk Purut (Citrus bystrix) & Kencur
Kulitnya mengandung minyak asiri yang berbau harum. Jeruk purut dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cara meminum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersama-sama dengan air secukupnya.

5. Jeruk Nipis & Kapur Sirih
Jeruk nipis juga mengandung minyak atsiri. Cara pakainya, 1 buah jeruk nipis, diperas, ambil airnya, campur dengan 1/2 sendok teh kapur sirih, aduk rata. Gosokkan ke bagian tertentu seperti ketiak setelah mandi. Diamkan sesaat hingga kering, kemudian baru menggunakan pakaian.

6. Daun Beluntas (Pluchea Indica)
Tanaman ini berbau langu dan terasa getir. Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dulu. Daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan C.

Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui). Bila rutin menyantap daun beluntas, niscaya bau badan akan hilang. Selain itu, bau mulut yang kurang sedap pun akan hilang. Bagi yang tidak suka, bisa dengan meminum air rebusan daunnya setiap pagi dan sore. Beluntas juga bermanfaat menurunkan suhu tubuh karena akan memicu keluarnya keringat.

7. Daun Kemangi (Ocimun Balisicum)
Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Zat aktif yang terkandung dalam daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Untuk mendapatkan manfaatkan daun ini juga digunakan sebagai lalap mentah atau sebagai sayuran urap. Atau, haluskan daun, biji, dan akar kemangi, lalu seduh dengan air panas, saring, dan ditambahkan gula aren. Minum 2 kali sehari, pagi dan malam.

Bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi, jika mengonsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore selama masa haid akan terhindar dari bau yang tidak sedap yang sering menimpa perempuan haid.

8. Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Zat-zat yang terkandung di dalam temulawak adalah sapomin, flavoinoida dan minyak asiri untuk menghilangkan bau badan. Caranya: minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus.

Air perasan temulawak yang sudah diparut dengan tambahan sedikit madu juga dapat diminum untuk menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari tubuh. Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, dan didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Bunga Kecombrang (Nicolaia speciosa)

Zat aktif yang terkandung di dalamnya yang dapat menghilangkan bau badan adalah sapomin, flavoinoida dan polifenol. Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya dimakan sebagai teman makan nasi. Di daerah tertentu kecombrang biasa dimasak sebagai sayur lodeh.

10. Ketimun/Mentimun (Cucumis sativus)
Timun atau mentimun yang kaya akan air ini mengandung kalsium, zat besi, magnesium. Mengonsumsi buah timun sangat terasa menyegarkan. Selain berkhasiat menurunkan demam, timun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Caranya, cuci bersih satu buah mentimun muda, iris tipis, lalu oleskan atau gosokkan pada bagian badan yang berbau. Atau, parut mentimun, lalu kompres bagian ketiak dengan parutan tersebut. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat. Lakukan hal ini setelah mandi.

11. Cengkih (Eugenia aromatica)
Rendam beberapa kuntum bunga cengkih dalam air hangat sehingga mengembang, lalu dinginkan, dan minum airnya. Lakukan secara teratur pagi dan sore, niscaya bau badan akan segera menghilang. Selain itu, air rebusan beberapa kuntum cengkih dengan gula merah, dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan di kala hujan.

Sumber: mybeautyflash.blogspot.com
Judul: 11 Bahan-bahan Alami untuk mengusir Bau Badan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS