» Home » »Sekolah Nakal Berlabel Internasional akan Ditutup

Sekolah Nakal Berlabel Internasional akan Ditutup

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh berjanji, akan menutup sekolah berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) jika memungut biaya terlalu mahal kepada masyarakat. Nuh menegaskan, jika ada sekolah RSBI yang terbukti secara eksklusif melakukan pungutan mahal kepada para orang tua murid, sekolah tersebut akan ditindak.

"Praktik permintaan sumbangan walaupun disesuaikan dengan kemampuan ekonomi menimbulkan stigma sekolah RSBI menjadi mahal," ujar Nuh, di Jakarta, Selasa (1/6/2010). Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika ini menjelaskan, Kemendiknas tidak akan langsung menutup sekolah tersebut tetapi memberi teguran terlebih dahulu. Selama masa peneguran, sekolah tersebut akan terus diawasi perkembangannya. Sementara jika kesalahan tetap dilakukan maka akan diberikan sanksi administratif dan seterusnya.

Mendiknas dengan tegas menyatakan, evaluasi secara komprehensif akan dilakukan kepada sekolah internasional ini. Evaluasi dilakukan agar tidak ada kesan eksklusif yang melatarbelakangi keberadaan RSBI. Evaluasi akan meliputi beberapa hal yakni persyaratan, komposisi guru, sistem belajar, serta standar kecukupan sarana dan prasarana."Juga akan diperiksa apakah dalam rekrutmen ada unsur-unsur eksklusivitas berdasar kemampuan ekonomi, kecuali berdasarkan keunggulan akademi," pungkasnya.

Sumber: Okezone
Judul: Sekolah Nakal Berlabel Internasional akan Ditutup
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS