» Home » »Kapal Kayu Tradisional Indonesia “Spirit Majapahit” Berlayar Menuju 8 Negara

Kapal Kayu Tradisional Indonesia “Spirit Majapahit” Berlayar Menuju 8 Negara

Mengutip beritajatim, Sekretaris Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI, Soeroso, mengatakan di Jakarta. Soeroso mengatakan, rencananya kapal akan memulai perjalanan menuju delapan negara, mulai 4 Juli 2010 dengan pelepasan resmi oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik.

“Dari Jakarta nanti, kapal akan memulai lawatan kebudayaan ke Bruney Darussalam, lewat lewat Pontianak. Dilanjutkan ke Jepang, Filipina, Cina, Vietnam, Bangkok, dan Singapura,” kata Suroso.

Perjalanan panjang kapal Spirit Mojopahit ini merupakan lawatan kebudayaan, sekaligus napak tilas kejayaan kerajaan Majapahit. “Diperkirakan butuh waktu tujuh bulan untuk menuntaskan pelayaran ke-8 negara tersebut. Jadi dijadwalkan, Januari 2011, kapal baru tiba kembali ke Indonesia,” papar Soeroso.

Sekadar menginformasikan, kapal itu akan dinahkodai dua orang dari TNI AL, Mayor Laut Eko Deny Hartono dan Mayor Laut Rizky Prayodi. Kru terdiri dari tiga orang Jepang, ima orang Pulau Sapeken, dan lima orang wartawan,

Kapal Spirit Majapahit tersebut merupakan kerja sama Japan Majapahit Association dan Pemerintah Indonesia. Pembuatan kapal dengan panjang 20 meter, lebar 4,5 meter dengan tinggi 2 meter tersebut menghabiskan dana sekitar Rp900 juta. Ciri khas kapal tersebut, buritan atau bagian belakang lebih tinggi dari haluan atau bagian depan.

Selain itu, menyambut keberangkatan kapal Spirit Mojopahit, saat ini pantai Slopeng menghadirkan hiburan musik uldaul yang meripakan musik tradisional Madura dengan alat musik khas berupa tong-tong besar dari plastik, yang biasa digunakan menyimpan ikan. [aji]

inilah.com

Judul: Kapal Kayu Tradisional Indonesia “Spirit Majapahit” Berlayar Menuju 8 Negara
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS