» Home » »Robin Hood Ternyata Bukan Pahlawan

Robin Hood Ternyata Bukan Pahlawan

Sosok Robin Hood selama ini selalu dianggap sebagai pahlawan meski ia berprofesi sebagai pencuri. Kiprah dan sepak terjangnya yang legendaris itu, ternyata tak sehebat yang selama ini dikisahkan. Benarkah?.

Menurut legenda dan yang selama ini diketahui dunia, Robin adalah seorang pencuri yang hidup pada abad ke-13 di Hutan Sherwood, Inggris. Kaum kaya adalah target perampokannya dan hasilnya untuk rakyat miskin.

Namun tidak demikian menurut dosen sejarah University of St. Andrews, Skotlandia, Julian Luxford. Ia menemukan sebuah buku sejarah yang mencatat kritik untuk Robin, yang dianggap bandit atau kriminal. Bahkan ia berani mengatakan bahwa Robin Hood adalah orang yang suka melanggar hukum.

"Pada masa itu, tercatat seorang pelanggar hukum bernama Robin Hood yang mencemari hutan Sherwood dan sekitarnya dengan perampokan bersama kaki tangannya," kata Luxford seperti dikutip AP, Minggu (15/3/2010).

Inskripsi sepanjang 23 kata itu ditemukan di tepi sebuah buku sejarah. Kata-kata tersebut ditulis oleh seorang biarawan dalam bahasa Latin. Luxford menemukannya ketika sedang mencari buku referensi di perpustakaan Eton College yang didirikan pada 1440 oleh Raja Henry VI.

"Ketika sedang melihat namanya, saya sangat gembira. Menurut saya ini sebuah temuan yang sangat penting," lanjut ahli manuskrip abad pertengahan itu.

Sebab selama ini, lanjut dia, sejarah hanya berisi hal-hal yang membenarkan sikap si perampok. Luxford berencana untuk menerbitkan detil temuannya itu dalam laporan yang dilansir di Journal of Medieval History. Kemunculan Robin Hood dalam kultur pop pertama kali melalui film layar lebar yang dibintangi oleh Kevin Costner.

Sumber: kaskus.us
Judul: Robin Hood Ternyata Bukan Pahlawan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS