» Home » »Orang Gemuk Dilarang Fitness

Orang Gemuk Dilarang Fitness

Oklahoma, Risiko memiliki tubuh gemuk adalah berhadapan dengan banyak kesulitan, bahkan saat berusaha untuk menurunkan berat badan. Seorang wanita asal Oklahoma ditolak di pusat kebugaran, karena dianggap terlalu berat. Dikutip dari Newson6, Senin (7/6/2010), wanita bernama Sandra Ruiz tersebut memiliki berat 385 pound atau sekitar 174,6 kg. Kelebihan berat badan itu ia dapatkan sejak hamil anak laki-lakinya, yang kini berusia 5 bulan.

“Saya capek punya badan besar, karena setiap pergi ke toko rasanya sulit menemukan ukuran baju yang cocok. Sudah setahun ini saya tidak bisa pakai jeans,” kata Ruiz. Terdorong keinginan kuat untuk mengecilkan ukuran badan, ia lalu bergabung dengan pusat kebugaran Mademoiselle di selatan kota Oklahoma. Ia berharap, fasilitas yang lengkap di tempat tersebut bisa mengatasi masalahnya.

Tidak seperti yang diharapkan, masalah lain justru muncul saat ia tengah menggunakan stationery bike (sepeda statis). Seorang instruktur mendatanginya, dan memintanya untuk turun dari alat tersebut. Instruktur berdalih, beberapa alat memang memiliki keterbatasan dalam menahan beban. Oleh karenanya, Ruiz disarankan untuk berjalan kaki menggunakan treadmill di ruang aerobik.

Saran itu ditolak mentah-mentah oleh Ruiz, sebab ia merasa tidak perlu membayar jika hanya untuk berjalan kaki karena bisa dilakukan di mana saja. Oleh karenanya, Ruiz mengundurkan diri dan meminta uangnya dikembalikan. Sementara itu pengelola membantah telah melarang Ruiz berolah raga di pusat kebugaran tersebut. Beberapa alat memang tidak boleh dipakai oleh Ruiz, karena jika tidak kuat menahan beban maka akan membahayakan keselamatannya sendiri.

Pengelola bahkan telah merancang program khusus untuk wanita tersebut, termasuk water aerobic. Namun menurut pengelola, Ruiz bersikap seperti anak kecil di toko permen, maunya mencoba semua alat yang ada.

Ancaman berbagai penyakit
Terlepas dari pengalaman Ruiz di pusat kebugaran, motivasi untuk berolahraga dan menurunkan berat badan merupakan langkah tepat untuk menyelamatkan kesehatannya. Bagaimanapun, obesitas rentan terhadap berbagai risiko penyakit. Kesulitan mencari baju dan menggunakan alat fitness sesungguhnya hanya sebagian kecil di antaranya. Dikutip dari Mayo Clinic, Senin (7/6/2010), masalah lebih serius yang dihadapi penderita obesitas (IMT > 30) antara lain sebagai berikut:
1. Gangguan komposisi lemak tubuh, termasuk kolesterol tinggi
2. Ketidaksuburan, impotensi dan gangguan menstruasi
3. Penyakit jantung dan pembuluh darah (stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi)
4. Sindrom metabolik
5. Penyakit kulit seperti intertrigo (radang di lipatan tubuh) dan luka yang sukar sembuh
6. Diabetes tipe-2
7. Gangguan tidur (sleep apnea)
Judul: Orang Gemuk Dilarang Fitness
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7912 user reviews.
KLIK UNTUK INFO TIPS DAN TRIK KASKUS